Menjarah
Menjarah
Menjarah
BeritaHukum

6 Kali Selundupkan Burung Kacer dari Malaysia, Pelaku Akhirnya Diamankan

1403
×

6 Kali Selundupkan Burung Kacer dari Malaysia, Pelaku Akhirnya Diamankan

Share this article
6 Kali Selundupkan Burung Kacer dari Malaysia, Pelaku Akhirnya Diamankan
Penyelundupan burung kacer digagalkan. Foto: Suara Riau

Gardaanimalia.com – Sebanyak 1.200 ekor burung kacer (Copsychus saularis) berhasil diamankan oleh Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri. Ribuan burung tersebut ditemukan di Pelabuhan Lalang, Sungai Apit, Provinsi Riau saat akan dikirim ke Provinsi Lampung.

Komandan Kapal Hayabusa Ipda Febrian Widylestanto menjelaskan, pelaku berinisial R berhasil diringkus pada hari Kamis (02/09/2021) pukul 07.00 saat tengah memindahkan burung selundupan tersebut ke dalam speedboat.

pariwara
usap untuk melanjutkan

Informasi mengenai penyelundupan ini didapatkan melalui pengakuan warga sekitar. Setelah laporan tersebut diterima dan ditindaklanjuti oleh polisi, tim Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri langsung meluncur untuk menyergap pelaku.

Baca juga: Dikhawatirkan Bawa Virus, Puluhan Lovebird Diamankan Petugas

“Untuk penyerahan barang bukti dan tersangka telah diserahkan pada Subdit Gakkum Polairud Polda Riau untuk diproses dan dilakukan pengembangan,” ungkap Ipda Febrian.

AKBP Wawan selaku Kasubdit Gakkum Polairud Polda Riau menambahkan, setelah berhasil diamankan, ribuan burung tersebut langsung diserahkan kepada BKSDA Riau sebagai langkah penyelamatan.

Pelaku terbukti mengangkut ribuan ekor burung secara ilegal karena tak mengantongi surat resmi berupa sertifikat kesehatan dari Balai Karantina Kesehatan Hewan dan Tumbuhan. Pelaku mengaku sudah enam kali melakukan penyelundupan burung kacer menggunakan speedboat tanpa nama asal Malaysia.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments