BBKSDA Riau Sita Kucing Hutan dan Musang yang Dijadikan Peliharaan

BBKSDA Riau Sita Kucing Hutan dan Musang yang Dijadikan Peliharaan
Kucing hutan dok: Flickr/_paVan_

Gardaanimalia.com – Penyitaan satwa langka kembali terjadi pada awal bulan Desember ini. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyita satu kucing hutan (Felis bengalensis) dan tiga musang linsang (Prionodon linsang) di sebuah tempat hiburan di Kota Pekanbaru. BBKSDA mengambil langkah tegas ini karena kucing hutan masuk dalam daftar satwa yang dilindungi. Menurut Humas BBKSDA Riau, Dian Indrianti, timnya mendapatkan laporan pada tanggal 30 November 2020.

“Disampaikan bahwa hal tersebut telah muncul di beberapa akun media sosial sehari sebelumnya. Tim segera bergerak menuju lokasi,” jelas Dian kepada media di Pekanbaru, Selasa (1/12/2020).

Dian menyampaikan bahwa satwa dalam keadaan sehat. Namun, satu di antara tiga musang linsang yang diamankan dari tempat hiburan tersebut dalam kondisi sakit. Pemilik tempat hiburan mengaku kepada BKKSDA bahwa ia belum lama memiliki dan memelihara satwa dilindungi ini.

Baca Juga: Sadis, Puluhan Burung Nuri Dimasukkan dalam Botol Saat Diselundupkan

Setelah tim BBKSDA memberikan penjelasan mengenai ketentuan pemeliharaan satwa liar, pemilik berkenan untuk menyerahkan satwa liar yang berada di tempat hiburan miliknya. Setelah proses penyitaan, tim BBKSDA langsung membawa kucing hutan dan musang ke klinik BBKSDA Riau untuk selanjutnya ditempatkan di kandang transit satwa BBKSDA Riau agar dapat diobservasi untuk menentukan langkah berikutnya.

Pihak BBKSDA Riau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang aktif dalam memberikan laporan.

Setelah tim BBKSDA memberikan penjelasan mengenai ketentuan pemeliharaan satwa liar, pemilik berkenan untuk menyerahkan satwa liar yang berada di tempat hiburan miliknya. Setelah proses penyitaan, kucing hutan dan musang langsung dibawa ke klinik BBKSDA Riau untuk selanjutnya ditempatkan di kandang transit satwa BBKSDA Riau agar dapat diobservasi untuk menentukan langkah berikutnya.

BACA JUGA:
4 Pemburu Harimau Sumatera Ditangkap di Riau

Pihak BBKSDA Riau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang aktif dalam memberikan laporan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments