Hiu Paus Terdampar di Pantai Kuari, Siripnya dalam Kondisi Terpotong

  • Share
Hiu Paus Terdampar di Pantai Kuari, Siripnya dalam Kondisi Terpotong
Hiu paus yang terdampar di Pantai Kuari. Foto: iNews

Gardaanimalia.com – Seekor hiu paus (Rhincodon typus) ditemukan terdampar di Pantai Kuari, Desa Pulau Kumbang oleh warga Kayong Utara, Kalimantan Barat, pada Senin (31/5/2021). Kejadian ini lantas menghebohkan masyarakat setempat. Pasalnya, penemuan hiu paus ini baru pertama kali tercatat sepanjang sejarah.

Hiu paus dengan panjang hampir empat meter dengan lebar 1,5 meter ini ditemukan dalam kondisi mati dengan ekor yang terluka cukup parah dan mengeluarkan darah yang banyak. Menurut Muhammad Nasir, salah seorang warga Desa Pulau Kumbang, hiu dilindungi ini diduga terdampar karena terseret ombak pasang pada malam hari.

“Air pasang besar yang terjadi pada malam hari memungkinkan ikan jadi ke pantai dan tidak bisa kembali lagi ke laut saat surut,” jelasnya.

Dikutip dari antaranews.com, Kepala Pengelola Data Bahan Perlindungan dan Pengawetan BKSDA Ketapang, Urai Iskandar, mengatakan bahwa hiu yang ditemukan adalah jenis yang dilindungi berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18/Kepmen-KP/2013. Spesies ini masuk dalam daftar Appendix II Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) sejak tahun 2002.

Baca juga: Kenali Jenis Burung Hantu yang Tidak Boleh Dipelihara (Bagian I)

Saat ditemukan, kondisi siripnya tampak sudah dipotong. Menurut Urai Iskandar, pemotongan ini diduga dilakukan setelah hiu terdampar dengan kondisi luka. Namun alasan kematian spesies ini belum dapat ditemukan dengan jelas.

Saat ini, warga bersama pemerintah desa dan BKSD Tim Wildlife Rescue Untik BKSDA Kalbar akan menguburkan hiu paus tersebut di sekitar lokasi terdamparnya.

“Pihak WRU BKSDA Resrot Sukadana telah berupaya mengkomunikasikan kepada pihak terkait seperti warga desa setempat untuk mengubur ikan itu. Rencananya dikuburkan di sekitar pesisisr dengan cara berupaya menarik satwa tersebut ke lokasi terdekat menggunakan perahu, mengingat kondisinya tidak memungkinkan untuk diangkut oleh warga setempat kecuali menunggu air pasang,” ucap Urai, dikutip dari antaranews.com.

Hiu paus, Rhincodon typus, merupakan spesies ikan terbesar pemakan plankton. Status konservasinya dalam IUCN Red List masuk dalam kategori rentan (VU) dan penting untuk dilindungi.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments