Miris! Jadi Korban Perburuan, Tubuh Lutung Jawa Ditemukan Terpotong-potong

Miris! Jadi Korban Perburuan, Tubuh Lutung Jawa Ditemukan Terpotong-potong
Tim ProFauna Indonesia yang menemukan potongan tubuh lutung jawa. Foto: Detik

Gardaanimalia.com – Setelah kabar ditemukannya bangkai gajah tanpa kepala di Aceh, kini ada kabar mengenaskan lagi. Sebagaimana diberitakan oleh Detik, ada potongan bagian tubuh lutung jawa (Trachypithecus auratus) yang ditemukan oleh tim patroli dari Protection of Forest & Fauna (Profauna) Indonesia pada Kamis (15/7/2021).

“Tim Profaunan kembali menemukan potongan bagian tubuh lutung jawa di hutan lindung yang ada di dekat Dusun Perinci, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur,” jelas Ketua Profauna Indonesia, Rosek Nursaid.

Primata dilindungi itu diduga diburu dengan metode gladak atau berburu dengan bantuan anjing pemburu. Dugaan itu muncul karena tim menemukan jejak anjing di sekitar lokasi potongan tubuh lutung berada.

Baca juga: Harimau Sumatera Dilaporkan Muncul di Sekitar Kampung Teluk Lanus, Riau

Rosek menyatakan keprihatinan dan rasa sedihnya melihat perburuan satwa liar dilindungi yang masih terjadi.  Terlebih lagi, temuan ini bukanlah yang pertama kalinya. Pada Agustus 2020 silam, ProFauna juga pernah menemukan potongan kepala lutung jawa di jalur pendakian Gunung Butak, Malang, Jawa Timur.

“Ini menyedihkan dan menunjukkan patroli rutin telah dilakukan tetapi pemburu masih punya celah,” tutur Rosek.

Melihat maraknya perburuan ilegal yang masih terjadi, ProFauna Indonesia mendesak agar kasus perburuan lutung jawa yang sudah langka ini diusut tuntas oleh aparat penegak hukum. Selain itu, edukasi kepada masyarakat juga perlu rutin dilakukan.

BACA JUGA:
Hiu Tutul Berbobot 5 Kuintal Ditemukan Mati di Pantai Kepanjen
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments