Petugas Amankan 50 Burung Kacer Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia

Petugas Amankan 50 Burung Kacer Ilegal di Perbatasan RI-Malaysia
Penyelundupan Burung Kacer. Foto: Dok. Puspen TNI

Gardaanimalia.com – Upaya penyelundupan satwa antar negara kembali digagalkan. Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas mengamankan 50 ekor burung kacer (Copsychus saularis) di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas, Letkol Inf Alim Mustofa, upaya penyelundupan ini digagalkan petugas pada Jumat (25/12/2020) sekitar jam 00.30 WIB. Ada personil yang sedang berpatroli dan melakukan ambush lalu memergoki dua orang yang mencurigakan.

“Satgas mengamankan 50 ekor burung jenis kacer pada saat anggota Pos Segumun melaksanakan ambush di Jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) sektor wilayah yang dipimpin oleh Serda Oji Kharisma bersama tiga orang aggota lainnya,” papar Letkol Inf Alim Mustofa, dikutip dari laman jpnn.com, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Polisi Gagalkan Penyelundupan 300 Kilogram Daging Rusa di NTT

Awalnya anggota Satgas Yonif 642 melihat ada dua orang yang keluar dari jalan tikus. Kedua orang itu sudah akan masuk ke JIPP tetapi ketahuan. Akhirnya, pelaku melarikan diri ke arah Malaysia. Namun, 50 burung kacer yang hendak diselundupkan secara ilegal itu ditinggalkan.

Anggota Satgas Yonif 642 kemudian mengamankan barang bukti tersebut. Burung-burung itu dibawa ke Pos Kotis Entikong untuk kemudian diserahkan kepada Stasiun Karantina Pertanian dan Hewan Entikong.

“Mendekati pergantian tahun seperti ini biasanya kegiatan ilegal di perbatasan RI-Malaysia makin meningkat,” ungkapnya.

Untuk mencegah berbagai penyelundupan, Letkol Inf Alim Mustofa menegaskan bahwa satgas akan terus meningkatkan pengawasan maupun patroli. Jalur-jalur yang dicurigai rawan menjadi jalur keluar masuk barang ilegal akan terus diawasi dan dijaga.

votes
Article Rating
BACA JUGA:
Penyelundupan Ratusan Burung Dilindungi Asal Borneo Berhasil Dicegat

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments