Warga Mengaku Bertemu Beruang Madu, BKSDA Jambi Pasang Kamera Trap

  • Share
Warga Mengaku Bertemu Beruang Madu, BKSDA Jambi Pasang Kamera Trap
Pemasangan kamera trap oleh BKSDA Jambi. Foto: Jambi Ekspress

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi memasang kamera trap di Pangkal Kemang, Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi. Pemasangan tersebut merupakan tindaklanjut dari laporan masyarakat terkait kemunculan seekor beruang madu (Helarctos malayanus).

Polisi Hutan Seksi Wilayah Konservasi III BKSDA Jambi, Sartono, mengatakan ada warga yang mengaku bertemu langsung dengan seekor beruang madu di perkebunan. Namun, saat diperiksa tidak ada jejak beruang karena tanah di lokasi kejadian masih dilapisi rumput.

“Tanda cakaran juga tidak kita temukan,” tambahnya.

Baca juga: KLHK Lepasliar 27 Satwa di Taman Nasional Kerinci Seblat

Untuk memastikan keberadaan satwa liar itu akhirnya dipasang kamera trap di lokasi yang diduga tempat munculnya beruang itu.

“Kita akan biarkan kamera trap itu selama satu bulan,” ujarnya.

Menurutnya, ada kemungkinan di lokasi tersebut masih ada beruang madu karena masih ada banyak semak belukar. Ada juga kerusakan di bawah batang pohon kelapa namun itu belum dapat dipastikan apakah itu disebabkan oleh beruang madu atau bukan.

“Ada kerusakan dib awah batang pohon kelapa bagian akar atau umbut, itu pun sudah lama, belum diketahui apakah itu beruang atau tidak. Biasanya kalau beruang jenis alam, makanannya seperti buah-buahan, kecoa, ular, telur, umbut kelapa dan lain-lain,” jelas Sartono dikutip dari Jambi Ekspress.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments