Tidak Menemukan Bukti Keberadaan Harimau, BKSDA Bengkulu Belum Pasang Perangkap

  • Share
Tidak Menemukan Bukti Keberadaan Harimau, BKSDA Bengkulu Belum Pasang Perangkap
Patroli untuk menemukan harimau di Desa Lubuk Bangko. Foto: Antara

Gardaanimalia.com – Dua harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae)  yang terdiri dari satu harimau dewasa dan satu anak dilaporkan masuk ke ladang warga di Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya, Mukomuko, Bengkulu. Mengutip dari laman Tempo, pada Senin (22/2/2021) sekitar jam 19.30 WIB, ada warga yang melihat dua satwa itu.

Pada saat kejadian, warga bernama Jubir dan Kangoro sedang menginap di kebun cabai yang berada di persawahan Narongko. Kemudian, Kangoro melihat kucing besar yang panjangnya kurang lebih 1,5 meter. Ia kemudian menyadarai bahwa hewan itu ternyata harimau.

Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Mukomuko Provinsi Bengkulu yang mendapat laporan sudah melakukan pengecekan bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan kepolisian.

Baca juga: Menembak Mati Satwa Dilindungi, Warga NTT Dikenai Sanksi Adat

“Kami sudah cek langsung ke lapangan usai dapat informasi ada harimau masuk ke ladang warga, tetapi kamu belum menemukan bukti,” jelas Kepala BKSDA Resor Mukomuku, Mustadin.

Namun, petugas BKSDA tetap melakukan patroli bersama dengan tim TNKS, polisi dan warga agar tidak timbul keresahan dan untuk memastikan keberadaan harimau sumatera tersebut.

Terkait tindak lanjut atas laporan masuknya harimau ke ladang cabai di Desa Lubuk Bangko ini, Mustadin menyatakan belum bisa berbuat banyak. Jika memang ada harimau, pihaknya akan melaporkan ke atasan. Kemungkinan, akan dipasang perangkap dengan umpan untuk menangkap satwa dilindungi itu.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments