Gajah Sumatera Melintas di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

  • Share
Gajah sumatera melintas di jalan tol Pekanbaru-Dumai. | Foto: Merdeka.com
Gajah sumatera melintas di jalan tol Pekanbaru-Dumai. | Foto: Merdeka.com

Gardaanimalia.com – Seekor gajah sumatera dengan nama ilmiah Elephas maximus sumatranus diketahui masuk jalan bebas hambatan atau jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Lokasi kejadian munculnya satwa dilindungi tersebut terletak di wilayah Desa Pinggir, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Satwa langka itu tampak melintas di jalan tol yang mana lokasinya memang tidak berada jauh dari jalur lintasan gajah sumatera di wilayah tersebut.

M Mahfud, Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengatakan bahwa pihaknya telah menuju lokasi kejadian untuk mengetahui kondisi terkini.

“Jadi benar ada gajah liar kemarin naik ke jalan tol. Dia naik mengarah ke Balai Raja yang masih satu koridor dengan kawasan Giam Siak Kecil. Memang jalur gajah,” ungkap Mahfud, Rabu (16/2) dilansir dari Merdeka.

Setelah melihat dan mengetahui kondisi lokasi, Mahfud mengatakan bahwa penyebab gajah tersebut masuk jalan tol adalah karena lintasannya tengah tergenang air.

Diperkirakan lantaran intensitas hujan yang terjadi beberapa hari belakangan cukup deras, sehingga membuat sungai di wilayah itu meluap dan membanjir jalur satwa dilindungi tersebut.

“Air cukup tinggi, bahkan sudah menyentuh jalan tol, kejadian Senin (14/2) 2 hari lalu,” pungkas Mahfud.

Gajah sumatera merupakan satwa dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Menurut keterangan yang dikutip dari situs web WWF Indonesia, saat ini hanya terdapat dua spesies gajah di Indonesia, yaitu gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) dan gajah kalimantan (Elephas maximus borneensis).

Berdasarkan lembaga konservasi internasional, IUCN (International Union for Conservation of Nature), kedua spesies gajah tersebut masuk dalam status Kritis (Critically Endangered/CR). 

BACA JUGA:
Bantai dan Pamer Burung Rangkong, Arhedi Dituntut 3,6 tahun Penjara
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments