Merak Hijau Ditemukan di Area Proyek Bandara Kediri

  • Share
Merak Hijau Ditemukan di Area Proyek Bandara Kediri
Merak Hijau ditemukan di area proyek pembangunan Bandara Kediri/Foto: Detik.com

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Kediri, Jawa Timur menerima seekor merak hijau yang ditemukan pekerja proyek Bandara Kediri, Selasa (12/10).

Merak tersebut ditangkap sekitar pukul 15.00 WIB dan diserahkan ke BKSDA Kediri sekitar pukul 21.00 WIB.

Dilaporkan, merak hijau sepanjang dua meter tersebut berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usia di atas dua tahun. Satwa bernama latin Pavo muticus tersebut diserahkan dalam kondisi sehat.

Petugas Analis Data Konservasi BKSDA Kediri, Suparni mengatakan bahwa merak hijau tersebut masih bersifat liar.

“Satwanya itu agak liar, kalau dipegang melawan tidak seperti hewan peliharaan. Dugaan sementara burung itu memang liar,” jelasnya dikutip dari kumparan, Rabu (13/10).

Dari mana asal merak hijau tersebut belum dapat dipastikan. Karena menurut Suparni, Kediri bukanlah habitat aslinya.

Peristiwa evakuasi merak hijau adalah yang pertama kali bagi BKSDA Kediri. Selanjutnya merak hijau ini akan dibawa ke Surabaya untuk diamankan di BKSDA Jawa Timur agar mendapat penanganan lebih lanjut.

“Kalau menemukan dengan kondisi ini baru pertama kali di Kediri. Kalau menerima dari Polres itu sering, biasanya tangkapan ilegal begitu,” papar Suparni.

Merak hijau merupakan salah satu hewan yang dlindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P 106 Tahun 2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Dilindungi.

Sebelumnya, penemuan merak hijau ini sempat viral di dunia maya setelah akun instagram @infokediriraya mengunggahnya di instagram.

BACA JUGA:
Diduga Terperangkap Jerat, Seekor Macan Dahan Terluka
  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments