Berita

Naik Maskapai Garuda Indonesia, 6 Komodo Ditranslokasi ke NTT

779
×

Naik Maskapai Garuda Indonesia, 6 Komodo Ditranslokasi ke NTT

Share this article
Komodo (Varanus komodoensis) saat akan diberangkatkan ke NTT. | Foto: Agung Pambudhy
Komodo (Varanus komodoensis) saat akan diberangkatkan ke NTT. | Foto: Agung Pambudhy

Gardaanimalia.com – Enam ekor komodo dipindahkan (translokasi) dari Jakarta menuju Labuan Bajo, menggunakan maskapai Garuda Indonesia Boeing 737-800NG, Selasa (15/8/2023).

Sekretaris Dirjen KSDAE Suharyono menyebut, rencana pelepasliaran komodo di Labuan Bajo itu mengusung tema Ora Kole Beo yang berarti Komodo Pulang Kampung.

pariwara
usap untuk melanjutkan

Menurutnya, translokasi satwa tersebut adalah program ex-situ link to in-situ dari lembaga konservasi, pertama kali di Indonesia. “Semoga dapat direplikasi keberhasilannya oleh lembaga konservasi lain,” ujarnya.

Keenam satwa endemik NTT itu selanjutnya akan menjalani proses habituasi selama satu bulan di Cagar Alam Wae Wuul, sebelum dilepasliarkan pada pertengahan September 2023.

“Semoga satwa komodo yang akan diberangkatkan menuju habitat alaminya ini aman selama di perjalanan,” kata Suharyono, saat melepas keberangkatan satwa di Taman Safari Indonesia, akhir pekan lalu.

Lanjutnya, semoga satwa tidak mengalami stres sampai dengan kegiatan pelepasliaran. “Dapat berkembang biak di habitatnya, dengan harapan dapat memperkaya populasi komodo di alam,” tuturnya.

Garuda Indonesia Dukung Pelestarian Komodo

Hewan langka yang dilindungi negara. | Foto: Agung Pambudhy
Hewan langka yang dilindungi negara. | Foto: Agung Pambudhy

Sementara, Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, memastikan proses translokasi 6 ekor satwa tersebut sudah memenuhi prosedur dan dokumen khusus terkait pengangkutan live animal.

Dokumen itu sesuai regulasi internasional dari International Air Transport Association (IATA), serta peraturan karantina dan kepabeanan di Indonesia.

Selain itu, pihaknya juga menyebut, seluruh petugas yang mengemban misi telah memiliki Live Animal Certificate. Hal tersebut guna memastikan keamanan dan keselamatan satwa hingga tiba di tujuan.

Polres Lumajang Mengamankan 11 Hewan Langka Diduga Korban Perdagangan

Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut memiliki makna tersendiri bagi pihaknya sebagai maskapai penerbangan nasional karena bisa berpartisipasi dalam pelestarian satwa.

“Mendukung upaya pemerintah untuk melestarikan berbagai satwa khas Indonesia, salah satunya komodo yang merupakan fauna yang dilindungi,” ujar Irfan melanjutkan, Rabu (16/2023).

Sebelumnya, enam satwa dilindungi itu merupakan satwa yang dikembangbiakan di Taman Safari Indonesia yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Satwa dengan nama ilmiah Varanus komodoensis adalah spesies yang dilindungi undang-undang berdasarkan Permen LHK Nomor P.106 Tahun 2018.

Hewan langka ini memiliki penyebaran yang terbatas di beberapa pulau. Di antaranya, yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Motang, Nusa Kode, Pulau Komodo, dan Pulau Flores.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments