Polisi Amankan 3 Pelaku Penyelundupan Benih Lobster di Riau

Polisi Amankan 3 Pelaku Penyelundupan Benih Lobster di Riau
Polisi menyita benih lobster di Inhil. Foto: Go Riau

Gardaanimalia.com – Unit III Tipidter Polres Indragiri Hilir mengamankan tiga pelaku penyelundupan benih lobster pada Jumat (13/8/2021). Mereka ditangkap di kawasan Jalan Lintas Pelabuhan Samudra, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Pada saat diamankan, petugas menemukan 12 kotak styrofoam yang di dalamnya terdapat puluhan bungkus plastik berisi benih lobster. Menurut pengakuan pelaku, seluruh benur tersebut akan dibawa kepada seseorang yang sudah menunggu di jembatan Jalan Lintas Pelabuhan Samudra.

Paur Humas Ipda Esra yang mewakili Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan menuturkan pengungkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang diterima oleh anggota Unit III Tipidted Polres Inhil.

“Anggota lalu melakukan penyelidikan mengenai informasi tersebut dan berkoordinasi dengan Kanit Reskrim Polsek Tanah Merah untuk melakukan penangkapan,” jelas Esra seperti dikutip dari Go Riau.

Baca juga: Temukan Jejak Macan Dahan di Kebun, Resor KSDA Agam Pasang Kamera Trap

Tim bergegas ke lokasi kemudian menemukan mobil yang dicurigai tengah melintas di Jalan Lintas Pelabuhan Samudra Tanah Merah. Pada saat diberhentikan dan diperiksa, petugas berhasil menemukan benih lobster dan mengamankan dua pelaku. Sedangkan, pelaku lain yang menjadi penerima benur ditangkap di atas jembatan.

Saat ini ketiga pelaku yakni AL (penerima benih lobster) serta BY dan ES yang menjadi pembawa benur diamankan di Mapolres Inhil guna penyelidikan lebih lanjut.

“Para pelaku dikenakan pasal 88 UU RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan Jo pasal 55 KUHP dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar,” tegas Ipda Esra.

BACA JUGA:
Warga di Sulawesi Tenggara Tangkap Buaya Sepanjang 3,9 Meter di Saluran Irigasi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments