Berita  

Warga Selamatkan Kukang yang Meringkuk di Tanah

Seekor kukang berhasil diselamatkan oleh seorang warga Pundu, Kalimantan Tengah. | Foto: Istimewa/Borneo News
Seekor kukang berhasil diselamatkan oleh seorang warga Pundu, Kalimantan Tengah. | Foto: Istimewa/Borneo News

Gardaanimalia.com – Seorang warga bernama Ahmad Arif telah menyelamatkan seekor kukang yang ditemukannya di areal Puskesmas tempatnya bekerja.

Primata yang ditolong warga Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu tersebut diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sebelum itu, menurut pengakuan Ahmad Arif, satwa liar tersebut ditemukannya meringkuk di tanah, tepat di halaman Puskesmas Pundu.

Lantaran merasa khawatir kukang ditangkap dan dilukai oleh orang yang tak bertanggung jawab, Ahmad Arif pun menyelamatkannya.

Berdasarkan keterangannya, satwa pun sempat dimasukkan ke kandang kucing. Hal itu dilakukan demi mengamankan satwa dilindungi.

Kemudian, usai mengetahui status konservasi satwa tersebut, Ahmad Arif langsung melaporkan temuannya kepada BKSDA Kalimantan Tengah melalui media sosial Instagram.

“Dan laporan tersebut diteruskan ke kami, Pos Sampit,” kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit, Muriansyah, pada Minggu (20/11).

Dia menduga, seekor kukang itu keluar dari kawasan hutan yang berada di belakang Puskesmas Pundu. Sebab di lokasi tersebut sedang ada pembukaan lahan oleh warga yang berladang.

Ujar Muriansyah, Ahmad Arif bahkan mengantarkan primata langka itu ke Markas Manggala Agni, guna selanjutnya dilakukan serah terima.

Setelahnya, satwa pun dijemput oleh petugas BKSDA. “Saat ini kukang kami amankan di BKSDA Pos Sampit,” papar Muriansyah.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106 Tahun 2018, kukang termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia.

Hal itu diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

BACA JUGA:
Harimau Sumatera Dilaporkan Berkonflik di Tapaktuan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments