Berita  

BBKSDA Jabar Resort Gunung Simpang Evakuasi 1 Buaya Muara yang Viral

BBKSDA Jabar Resort Gunung Simpang Evakuasi 1 Buaya Muara yang Viral
Buaya muara yang ditangkap nelayan. Foto: Detik

Gardaanimalia.com – Setelah sempat viral karena tertangkap kamera pemancing di Muara Cisela Pantai Jayanti, Jawa Barat, seekor buaya muara (Crocodylus porosus) berhasil dievakuasi oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Resort Gunung Simpang. Buaya dengan panjang kurang lebih 1,5 meter itu berhasil ditangkap di perairan Kampung Puncak Kukun, Desa Karangwangi, Kecamatan Cidaun, setelah terjerat jaring nelayan pada Rabu (24/3/2021).

“Ada empat warga yang sedang mencari kerang di muara tersebut. Kemudian, melihat sosok buaya terjerat jaring. Mereka langsung memberitahu warga lainnya untuk membantu menangkap buaya tersebut,” kata Kapolsek Cidaun AKP Sumardi sebagaimana dikutip dari Detik.

Setelah berhasil dibawa ke darat, warga kemudian melaporkan kepada BBKSDA Jabar Resor Gunung Simpang. Petugas kemudian mendatangi lokasi untuk mengevakuasi satwa dilindungi itu.

Baca juga: Mengenal Katak Pohon Mutiara yang Ditemukan Setelah 8 Tahun Hilang

Terkait asal buaya itu, Sumardi masih akan melakukan penyelidikan lebih lanjut karena selama ini belum pernah ada buaya yang muncul di daerah tersebut.

“Kami bersama BBKSDA akan menyelidiki apakah buaya tersebut sengaja dilepas atau memang karena habitatnya di muara terganggu,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala BBKSDA Resort Gunung Simpang, Meri Juanda, menyebutkan bahwa buaya yang ditemukan nelayan tersebut usianya masih kurang dari satu tahun. Menurutnya, sebelum penangkapan buaya ini, masyarakat ada yang melihat dua buaya di sekitar muara. Oleh karena itu, ia mengimbau agar masyarakat melapor ketika menemukan buaya dan tidak memburu hewan buas tersebut.

“Warga diiumbau untuk tidak memburu apalagi sampai membunuh karena buaya muara masuk dalam hewan langka dan dilindungi,” imbuhnya.

Terkait tindak lanjut dari penemuan buaya ini, Meri mengatakan rencananya buaya itu akan diserahkan ke penangkaran milik BBKSDA Jabar atau dititipkan sementera di kebun binatang. Namun, nantinya buaya muara itu akan dilepasliarkan ke habitatnya di alam bebas.

BACA JUGA:
68 Satwa Dilindungi Dilepasliarkan di SA Nief
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments