Dijerat Pemburu, Seekor Harimau Sumatra Ditemukan Mati Membusuk


Seekor Harimau sumatera berjenis kelamin betina ditemukan mati dengan kondisi membusuk di kawasan hutan lindung, Kabupaten Seluma, Bengkulu pada Rabu, 19 Februari 2020. Foto : Polres Seluma

Gardaanimalia.com – Seekor Harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) ditemukan dalam kondisi membusuk di kawasan hutan lindung Desa Selingsingan, Kecamatan Seluma Utara, Kabupaten Seluma, Bengkulu pada Kamis (20/2) pagi.

Kepala Seksi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, Mariska Tarantona mengatakan bahwa informasi mengenai keberadaan bangkai Harimau tersebut didapatkan dari masyarakat sekitar yang sedang mencari umbut untuk dikonsumsi.

“Masyarakat atas nama Ridwan (45) melihat ada harimau yang terjerat dan sudah dalam kondisi mati pada Rabu, 19 Februari 2020 pukul 10.00 WIB,” ujarnya dikutip dari VOAindonesia.com

Harimau berjenis kelamin betina tersebut diduga telah mati lebih dari tiga hari. Bangkai ditemukan dengan kondisi terjerat kawat seling di bagian lehernya.

Saat melakukan penyisiran lokasi, Pihak kepolisian Resort Seluma bersama Seksi Konservasi Wil. II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu menemukan jerat yang terbuat dari kawat seling dengan umpan satu ekor babi berjarak 10 meter dari lokasi penemuan bangkai.

Mariska menjelaskan bahwa terdapat indikasi jerat yang dipasang oleh pemburu memang dipasang khusus untuk Harimau.

“Dugaan kami memang ke sana, karena jerat yang digunakan itu memang biasa dipakai oleh pemburu satwa, bukan yang dipakai masyarakat untuk menjerat babi. Sebab dari bentuk bahan jeratnya juga itu diindikasikan memang biasa digunakan untuk menjerat harimau,” ujar Mariska.

Dilansir dari rilis resmi Polres Seluma yang diunggah di akun instagramnya, Harimau Sumatera yang telah mati tersebut dibawa oleh pihak Seksi Konservasi Wil. II BKSDA Bengkulu ke BKSDA Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan dan otopsi oleh dokter hewan.

View this post on Instagram

Perburuan Harimau terjadi lagi 😥 Semoga tertangkap! Reposted from @polres_seluma – Giat Ops WANALAGA Tahun 2020 Polres Seluma. Pada hari Kamis tanggal 20 Februari 2020 sekira pukul 10.00 WIB telah dilaksanakan Ops WANALAGA 2020 Polres Seluma. Kegiatan dipimpin langsung oleh : IPDA CATUR TEGUH,SH beserta anggota. Adapun sasaran tempat di wilayah Hukum polres Seluma : Melaksanakan Patroli bersama BKSDA, Kehutanan dan Masyarakat Desa Selingsingan Kec Seluma Utara Kab Seluma ke Hutan Lindung Desa Selingsingan Kec Seluma Utara Kab Seluma dan menemukan 1 (satu) ekor Satwa Dilindungi Jenis Harimau Sumatera dalam keadaan mati yang diduga sengaja dijerat oleh orang yang tidak dikenal menggunanan kawat seling kemudian Menjalani. Penyisaran dan berjarak sekira 10 meter ditemukan kembali Jerat yang terbuat dari kawat seling dengan umpan 1 (satu) ekor Babi selanjutnya 1 (ekor) Harimau Sumatera yang telah mati tersebut di bawa oleh pihak BKSDA Kab Seluma ke BKSDA Prov Bengkulu untuk dilakukan pemeriksaan dan otopsi oleh dokter hewan BKSDA Prov Bengkulu. RTL : 1. Melakukan Penyelidikan terhadap kejadjan tersebut. 2. Meminta Keterangan warga sekitar. 3. Berkordinasi dengan pihak BKSDA dan Kehutanan. @polda_bengkulu @inmerthadana @afrizalwp2002 @kominfoseluma @mediacenter_kabupatenseluma @bksda_bengkulu #opswanalaga – #regrann

A post shared by PEMBELASATWALIAR (@pembelasatwaliar) on

 

 


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =