Berita  

Seekor Buaya Dibuang di Got, Diduga Pemiliknya Kewalahan Mengurus

Seekor Buaya Dibuang di Got, Diduga Pemiliknya Kewalahan Mengurus
Buaya yang ditangkap di Tambora, Jakarta Barat. Foto; Tribun Jakarta/Satrio Sarwo

Gardaanimalia.com – Seekor buaya ditangkap oleh warga di Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, pada Sabtu (24/7/2021). Buaya yang panjangnya 175 sentimeter itu pertama kali terlihat di selokan depan rumah salah satu warga.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Eko Sumarno, mengatakan setelah mendapat laporan timnya langsung ke lokasi. Pada saat tiba, buaya yang beratnya 40 kilogram itu sudah ditangkap dan diikat warga menggunakan jeratan dari kawat dan balok.

Reptil itu kemudian dibawa ke kantor Sektor Tambora dan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta.

“Warga tidak mengetahui secara pasti asal-usul buaya itu,” ucap Eko.

Baca juga: Sempat Terlibat Konflik, 1 Macan Dahan Dilepasliarkan BKSDA Sumbar

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA DKI Jakarta, Banjar Agung, menduga buaya tersebut merupakan peliharaan warga yang sengaja dilepas.

“Kalau di Jakarta biasanya binatang peliharaan. Didatangkan waktu masih kecil. Begitu sudah besar, makanannya sudah banyak biasanya sudah masuk masa birahi, majikannya kewalahan. Akhirnya dilepaskan tidak pada tempatnya,” jelas Banjar Agung.

Saat ini buaya tersebut dititiprawatkan di Pusat Penyelamatan Satwa Tegal Alur. Jika sudah dinyatakan sehat dan siap, buaya buaya itu akan dilepasliarkan ke alam. Namun, waktunya belum dapat dipastikan.

Agung mengimbau agar masyarakat tidak memelihara satwa liar utamanya jenis yang dilindungi. Ia juga berharap masyarakat yang saat ini masih memelihara satwa dilindungi bisa segera menyerahkan satwa tersebut ke BKSDA untuk dilepasliarkan.

BACA JUGA:
Penyelundupan Satwa Langka Dari Indonesia Berhasil Digagalkan Malaysia
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments