Berita

Ratusan Anak Penyu Kembali ke Habitat

548
×

Ratusan Anak Penyu Kembali ke Habitat

Share this article
Ratusan anak penyu dilepas di Kirana Bay Pantai Lawar. | Foto: Dok. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat
Ratusan anak penyu dilepas di Kirana Bay Pantai Lawar. | Foto: Dok. Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat

Gardaanimalia.com – Ratusan anak penyu dilepas di Kirana Bay Pantai Lawar, Kecamatan Sekongkang, oleh Bupati Sumbawa Barat Musyafirin, Minggu (30/7/2023).

Dalam keterangan tertulis, Musyafirin mengungkapkan tujuan dari pelepasliaran ini adalah untuk memicu rasa kepedulian masyarakat terhadap satwa dilindungi tersebut.

pariwara
usap untuk melanjutkan

“Pelepasan 244 tukik merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap satwa langka, khususnya penyu,” ujarnya, Senin (31/7/2023).

Musyafirin menyebut, sektor pariwisata di Sumbawa Barat memiliki potensi besar. Ia berharap, pantai di Sumbawa Barat bisa dijaga. Bukan hanya laut, tetapi juga dengan ekosistem lautnya.

“Saya harap agar sektor pariwisata dapat kita dukung, terutama yang ada di Kecamatan Sekongkang sampai Talonang,” tutur Musyafirin.

Menurutnya, meskipun ada sektor tambang, tapi hal tersebut bisa habis. Kemudian, yang memiliki potensi besar adalah sektor pariwisata.

Jika bicara lokasi, wisata di Sumbawa Barat cukup bagus. Namun, kata Musyafirin, hal terpenting adalah pelestarian alam dan satwa harus terus dilakukan.

“Sehingga banyak hal yang bisa kita jadikan daya tarik. Kertasari, Balad, Sekongkang, sampai Talonang akan dibangun hotel-hotel besar,” tulisnya.

Selain itu, Ia juga mengharapkan, anak-anak muda dapat bekerja di sektor pariwisata karena ke depan sektor pariwisata Sumbawa Barat akan jauh lebih berkembang.

“Sementara menunggu Bandara Kiantar selesai pada November 2024, fasilitas-fasilitas ini akan terus kita tingkatkan,” ungkap Musyafirin.

Belasan Anak Penyu Dilepasliarkan di Pantai Sembilan

Menurut pemilik Kirana Retreat Henry selaku pihak yang menginisiasi kegiatan ini menyampaikan bahwa pelepasliaran tukik sudah berjalan selama satu tahun terakhir.

Terdapat lebih dari 3.000 anak penyu telah dilepasliarkan. “Ribuan tukik telah dilepas di alamnya. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” tuturnya.

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments