Berita  

Seekor Kukang Berhasil Dievakuasi dari Desa Bangunsari

Ilustrasi seekor kukang jawa. | Foto: Garry Lotulung/Kompas
Ilustrasi seekor kukang jawa. | Foto: Garry Lotulung/Kompas

Gardaanimallia.com – Damkar Pos WMK Banjarsari berhasil mengamankan seekor kukang yang masuk rumah warga Desa Bangunsari, Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Salah seorang petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, Dikri mengatakan, evakuasi satwa dilindungi itu berawal dari informasi yang diterima oleh pihaknya.

“Tadi malam kami mendapat laporan adanya seekor kukang yang masuk ke dalam rumah warga Dusun Mulyasari, RT 05, RW 08, Desa Bangunsari,” ujarnya, Senin (8/8).

Karena merasa takut, pemilik rumah bernama Sarmin akhirnya meminta bantuan petugas Damkar untuk menangkap satwa liar tersebut.

Ketika petugas hendak menangkap kukang bernama ilmiah Nycticebus, primata itu kabur dan kemudian naik ke atas pohon jambu.

Oleh karenanya, petugas mesti lebih ekstra dalam proses penyelamatan karena posisi satwa berada di puncak pohon jambu yang tinggi.

“Saat melakukan evakuasi ini kami selalu berhati-hati. Mengingat hewan kukang ini kan salah satu hewan yang dilindungi,” ungkap Dikri.

Untuk itu, penangkapannya dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak menyakiti satwa. “Sehingga evakuasinya pun membutuhkan waktu yang lumayan lama,” ujarnya.

Dia menambahkan, usai berhasil melakukan penangkapan, satwa dilindungi itu langsung diamankan di Pos WMK Damkar Banjarsari.

Selanjutnya, primata yang dikenal pemalu tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis untuk dilakukan observasi lebih lanjut.

BACA JUGA:
Ketahuan, Penjual Satwa Dilindungi di Pandeglang Melarikan Diri
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments