Berita  

Anak Gajah Lahir di Pusat Latihan Satwa di Tangkahan

Anak Gajah Lahir di Pusat Latihan Satwa di Tangkahan
Anak gajah yang lahir di Tangkahan. Foto: BBTNGL

Gardaanimalia.com – Kabar baik datang dari Pusat Latihan Satwa Khusus Gajah Sumatera di Tangkahan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Ada gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis) yang melahirkan anak berjenis kelamin betina pada Senin (1/2/2021). Proses kelahiran ini terjadi secara alami tanpa bantuan tenaga medis.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), Jefry Susyafrianto, mengatakan bahwa anak gajah tersebut lahir jam 04.00 WIB. Beratnya 69 kilogram dan tingginya 108 sentimeter. Induknya bernama Sari yang usianya 35 tahun.

“Setelah melahirkan, induk gajah memakan plasenta untuk mengembalikan stamina. Kami juga sudah memberi vitamin serta obat-obatan,” jelas Jefry sebagaimana dikutip dari laman Antara, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Fakta Tragis di Balik Tren Pelepasan Burung untuk Acara Peresmian

Jefry menambahkan bahwa saat ini kondisi induk dan anaknya baik. Tim medis juga terus melakukan pemantauan untuk mengawasi kesehatan kedua satwa tersebut.

“Kita sudah cek, air susunya baik dan cukup,” imbuhnya.

Setelah kehadiran keluarga baru di awal bulan Februari ini, Pusat Latihan Satwa Khusus Gajah Sumatra yang berada di Tangkahan ini memiliki total sembilan gajah.

BACA JUGA:
Ganggu Gajah Sumatera Liar Sedang Makan, Warga Riau Terluka
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments