Berita  

BBKSDA Riau Kampanyekan Larangan Penggunaan Jerat

BBKSDA Riau Kampanyekan Larangan Penggunaan Jerat
Corina, Harimau sumatra korban akibat jerat. Foto: Dok. BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Tingginya angka satwa liar yang terkena jerat memang meresahkan. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, mengingatkan bahwa penggunaan jerat sangat membahayakan satwa liar termasuk satwa dilindungi.

“Kita menghimbau masyarakat luas agar tidak lagi menggunakan jerat untuk menangkap babi atau rusa. Itu dapat membahayakan siapa saja,” kata Wiratno, melansir dari laman Riauonline.co.id, Selasa (22/12/2020).

Ia juga meminta agar perusahaan perkebunan yang masih ada di wilayah hutan tidak menggunakan jerat di kawasan tersebut. Menurutnya jerat itu bisa melukai satwa dilindungi.

Baca juga: BKSDA Sumatera Barat Melepasliarkan Binturong Serahan Masyarakat

Imbauan ini dikeluarkan karena sebelumnya sudah ada banyak kasus satwa dilindungi yang mengalami luka parah bahkan mati akibat terjerat. Salah satu korbannya ialah Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) bernama Corina. Meski saat ini Corina sudah dilepasliarkan, beberapa bulan lalu kondisinya sangat memprihatikan. Satwa ini ditemukan terluka parah di kakinya karena terjerat.

Tak hanya Harimau sumatera, di bulan Desember ini, warga menemukan seekor Tapir (Tapirus indicus) yang mati mengenaskan di daerah Kuantan Singingi, Riau. Tapir malang ini mengalami infeksi parah karena luka yang dalam di kaki bagian belakang. Menurut tim medis kemungkinan besar luka itu disebabkan oleh kaki yang terjerat.

Senada dengan Wiratno, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Suharyono, berharap agar tidak ada lagi satwa yang mati atau terluka akibat terjerat. Pihak BBKSDA Riau dan mitra kerja masih akan terus berkampanye agar masyarakat tidak lagi menggunakan jerat untuk menangkap hewan di hutan.

BACA JUGA:
Masuk Hutan Larangan, Penebang Kayu Berkonflik dengan Harimau
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments