Beruang Madu Pincang Masuk Pemukiman di Riau, Diduga Dulu Pernah Terjerat

  • Share
Beruang Madu Pincang Masuk Pemukiman di Riau, Diduga Dulu Pernah Terjerat
Petugas memeriksa lokasi kemunculan beruang. Foto: BBKSDA Riau

Gardaanimalia.com – Dua beruang madu (Helarctos malayanus) dilaporkan masuk ke Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau. Menurut informasi dari warga, satwa dilindungi tersebut terlihat beberapa kali memasuki pemukiman warga.

“Menurut informasi beruang pertama kali muncul pada Minggu (28/3/2021) pagi berjumlah dua ekor. Kemudian, beruang terlihat lagi pada Senin (29/3/2021) pagi sekitar pukul 07.21 WIB dan pukul 10.00 WIB berjumlah satu ekor, ini anakan,” ungkap Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmatoro sebagaimana dikutip dari laman Detik.

Tim dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau kemudian mendatangi lokasi untuk memastikan informasi dari warga. Tim menemukan jejak beruang di lokasi.

“Setelah dicek, ditemukan ada jejak-jejak beruang di lokasi itu,” imbuhnya.

Baca juga: Ratusan Burung Tanpa Dokumen Dimusnahkan Oleh BBKP Surabaya

Heru menduga beruang yang masih anakan itu terpisah dari induknya. Kemungkinan juga beruang tersebut merupakan beruang yang sama yang pernah terkena jerat warga sekitar dua tahun lalu. Pada saat itu, tim tidak berhasil mengevakuasi beruang karena terlanjur lepas.

Dugaan itu beruang yang sama muncul karena menurut warga yang melihat, beruang tersebut pincang.

“Memang ada dua beruang anak dan induk kena jerat dua tahun lalu. Saat mau dievakuasi lepas,” ungkap Heru.

Sebagai tindak lanjut atas penemuan ini, BBKSDA berencana untuk memasang perangkap sebelum terjadi konflik antara satwa liar tersebut dengan warga sekitar.

  • Share
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments