Berita  

Gagalkan Penyelundupan Satwa, Karantina Pertanian Lampung Terima Penghargaan

Gagalkan Penyelundupan Satwa, Karantina Pertanian Lampung Terima Penghargaan
Penyerahan penghargaan. Foto: Karantina Pertanian Lampung

Gardaanimalia.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, memberikan penghargaan kepada Karantina Pertanian Lampung. Penghargaan yang diserahkan pada Senin (3/5/2021) itu merupakan wujud apresiasi yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas keberhasilan Karantina Pertanian Lampung dalam mengungkap perdagangan orangutan sumatera.

Dalam operasi yang dilakukan pada 26 April 2021 silam, Balai Karantina mengamankan dua anak orangutan yang usianya diperkirakan kurang dari dua tahun. Dua satwa dilindungi yang rencananya akan diselundupkan dari Lubuk Pakam, Sumatera Utara ke Jawa itu bisa diselamatkan.

“Gagalnya penyelundupan ini langsung diapresiasi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya,” ungkap Karantina Pertanian Lampung dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/5/2021).

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh. Jumadh di Kantor Kepolisian Resort Lampung Selatan. Menurut Jumadh, keberhasilan dalam menggagalkan penyelundupan ini merupakan hasil kerjasama yang baik antar berbagai pihak. Ada dukungan dari kepolisian, ASDP, BKSDA, hingga NGO yang terus bersinergi dengan Karantina Pertanian.

Baca juga: Bangkai Buaya Sepanjang 3 Meter Ditemukan, BKSDA Selidiki Penyebab Kematian

“Kami akan terus memperkuat pengawasan di setiap tempat pemasukan dan pengeluaran, terutama di zona rawan penyelundupan satwa,” tutur Muh. Jumadh.

Sementara itu Siti Nurbaya menjelaskan bahwa proses rehabilitasi kedua anak orang utan akan memakan waktu lama.

“Dalam proses pengembalian satwa langka dan dilindungi ke habitat asalnya tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, mengingat orangutan tersebut kategori bayi,” jelasnya.

Meski begitu, ia tetap memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang berhasil mengungkap kasus ini. Siti Nurbaya juga meminta agar pengawasan terus ditingkatkan, khusunya di wilayah Bakauheni.

BACA JUGA:
Orangutan Dilepasliarkan Setelah 6 Tahun Jalani Rehabilitasi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments