Kupu-Kupu Raksasa Terbesar Kedua di Dunia

Kupu-kupu sayap burung goliath. | Foto: Butterfly Indentification
Kupu-kupu sayap burung goliath. | Foto: Butterfly Indentification

Gardaanimalia.com – Siapa yang tidak kenal dengan kupu-kupu? Hewan dengan paras cantik ini merupakan salah satu jenis serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Sosoknya menjadi favorit mayoritas orang karena keelokan tubuhnya ketika dewasa.

Diperkirakan terdapat 2.200 jenis kupu-kupu terbang bebas di langit Indonesia. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi negara kedua di dunia dengan tingkat keanekaragaman kupu-kupu tertinggi setelah Brazil.[1]https://smujo.id/psnmbi/article/download/1376/1331/1313#:~:text=Jumlah%20keanekaragaman%20kupu%20yang%20tinggi,dengan%20jumlah%20sekitar%203.700%20jenis

Dari ribuan jenis kupu-kupu yang ada di Indonesia, dua puluh lima di antaranya termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi pemerintah.[2]Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018

Terdapat satu jenis kupu-kupu yang menarik untuk kita kenal lebih lanjut, yaitu kupu-kupu sayap burung goliath (Ornithoptera goliath).

Disebutkan bahwa hewan ini termasuk ke jajaran kupu-kupu terbesar di dunia, loh! Penasaran dengan hewan cantik satu ini? Yuk, kita simak pembahasan berikut!

Kupu-Kupu Raksasa Dunia

Kupu-kupu ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja pada awal abad ke-18. Penemunya adalah seorang dokter dan Entomologist bernama Arnold Pagenstecher bersama rekannya, Staudinger, yang merupakan Kimiawan.

Keduanya merupakan pria berkebangsaan Eropa, tepatnya dari Jerman. Kala itu, mereka sedang mengunjungi hutan lebat di Papua, Indonesia.

Mereka lalu menyadari adanya kupu-kupu raksasa yang awalnya sempat dikira sebagai seekor burung. Hasil dari penemuan tersebut baru dirilis oleh Staudinger pada tahun 1893.[3]https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/09/02/kupu-kupu-terbesar-di-dunia-ada-di-indonesia

Serangga yang bisa ditemukan di Pulau Papua dan Pulau Seram ini merupakan bagian dari famili Papilionidae yang disebutkan memiliki ukuran tubuh menakjubkan.

Bagaimana tidak, sayap kupu-kupu ini memiliki panjang mencapai 28 sentimeter, dan dinobatkan sebagai kupu-kupu terbesar kedua di dunia setelah kupu-kupu queen alexandra’s birdwing (Ornithoptera alexandrae).[4]https://www.sciencefocus.com/nature/largest-butterflies/[5]https://www.bumblebee.org/invertebrates/LepidopteraPapilionidae.htm

Potret kupu-kupu sayap burung goliath jenis jantan sedang hinggap di tumbuhan inangnya | Foto: Mehd Halaouate/Birding Indonesia
Potret kupu-kupu sayap burung goliath jenis jantan sedang hinggap di tumbuhan inangnya | Foto: Mehd Halaouate/Birding Indonesia

Ketika sayap direntangkan, akan terlihat dengan jelas keindahan warna yang dimiliki kupu-kupu ini. Pada sang jantan, terdapat warna hijau cenderung cerah pada punggung sayap bagian atas dengan polesan hitam yang membentuk diagonal ke atas.

BACA JUGA:
Buaya Muara Masuk Tambak Udang Berhasil Diamankan

Di sekitar diagonal hitam tersebut, dikelilingi oleh bercak oranye kecokelatan. Kemudian, sayap bagian bawahnya didominasi warna kuning, disertai dengan bintik-bintik hijau di area dalam.

Sedangkan pada kupu-kupu betina, bagian atas sayapnya dipenuhi oleh warna cokelat dengan beberapa guratan hitam dan bintik kuning pastel di kedua bagian.

Bagian bawah sayapnya memiliki warna setengah cokelat setengah kuning, yang disertai dengan bintik hitam-kecokelatan di kedua sisinya.

Ketika sedang beristirahat, umumnya sang jantan akan menutup sepasang sayapnya sehingga menyebabkan keberadaannya sulit terlihat. Hal ini dikarenakan warna sayap yang cenderung samar apabila ditutup.

Kebalikan dari sang jantan, kupu-kupu betina memiliki kebiasaan beristirahat dengan sayap terbuka. Mereka mulai beristirahat ketika suhu terlalu tinggi.[6]https://www.butterflyidentification.com/goliath-birdwing.htm

Memiliki Racun di Tubuhnya

Serangga cantik ini sering dijumpai di bagian timur Indonesia, tepatnya di hutan hujan tropis yang lebat pada Pulau Seram dan Pulau Papua.

Goliath betina secara sistematis terlihat mencari pangan di area vegetasi marginal.[7]https://www.iucnredlist.org/species/91181175/91181194 Di setiap tanaman inang yang disinggahi, sang betina dapat menetaskan hingga dua puluh butir telur berwarna kuning kusam. Masa hidup kupu-kupu goliath dewasa berumur kurang lebih dua belas bulan.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan kupu-kupu berjenis sayap burung memiliki racun di tubuhnya. Ketika masih menjadi ulat, serangga ini memakan tumbuhan birthwort yang mengandung senyawa asam aristolochic. Senyawa tersebut selanjutnya akan terakumulasi di dalam tubuh sang ulat dan bertahan hingga menjadi kupu-kupu dewasa.[8]https://a-z-animals.com/blog/10-poisonous-butterflies/

Kupu-kupu sayap burung goliath diketahui memiliki racun yang dapat membunuh binatang kecil seperti laba-laba, belalang, hingga tikus. Namun, tidak perlu khawatir karena racun tersebut tidak membahayakan manusia.

BACA JUGA:
Kawanan Gajah Terobos Permukiman, Konflik Kembali Terjadi

Termasuk dalam Daftar Hewan yang Dilindungi

Kupu-kupu sayap burung goliath jantan (atas) dan betina (bawah) yang dijual pada situs jual beli online | Foto: eBay
Kupu-kupu sayap burung goliath jantan (atas) dan betina (bawah) yang dijual pada situs jual beli online | Foto: eBay

Keindahan bentuk tubuh serangga bernama Inggris goliath birdwing ini rupanya menjadi ancaman tersendiri bagi keberlangsungan hidupnya.

Minat masyarakat untuk sekadar mengoleksi atau menjadikannya sebagai hiasan rumah sangat tinggi. Hal inilah yang memicu oknum-oknum nakal menjual kupu-kupu ini dengan harga yang tergolong fantastis.

Kita dapat dengan mudah menemukan para penjual serangga dilindungi ini di situs jual beli online seperti eBay. Satu ekor kupu-kupu yang telah diawetkan dipatok penjual dengan harga jutaan rupiah.[9]https://www.ebay.com/b/Ornithoptera-Goliath/10871/bn_7023327766

Menurut daftar merah IUCN, status kupu-kupu cantik ini masih tergolong belum mengkhawatirkan.[10]https://www.iucnredlist.org/species/91181175/91181194#population Meski demikian, masuknya serangga ini ke dalam daftar satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia menjadi pengingat bahwa kita harus turut serta dalam menjaga kelestarian hidupnya.

Saat ini, keberadaan kupu-kupu sayap burung goliath dapat kita jumpai di Cagar Alam Pegunungan Arfak, Manokwari, Papua Barat.[11]https://bobo.grid.id/read/08682117/mengenal-goliath-birdwing-kupu-kupu-terbesar-kedua-di-dunia-yang-ada-di-indonesia?page=all

Referensi[+]

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments