Lewati Habitat Satwa Liar, Tol Sumatera Akan Memiliki Terowongan Harimau

Lewati Habitat Satwa Liar, Tol Sumatera Akan Memiliki Terowongan Harimau
Ilustrasi pembangunan tol. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Gardaanimalia.com – Pembangunan ruas tol Sumatera yang rencananya dilakukan pada 2021 mendatang harus melintasi kawasan habitat satwa liar. Menurut keterangan yang disampaikan oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, pembangunan ruas Tol Betung-Tempino yang terhubung ke Jambi akan melintasi kawasan Taman Nasional Sembilang dan Suaka Margasatwa Dangku.

Dodi memastikan pembangunan tol yang diyakini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di Muba ini tidak akan membahayakan satwa liar atau merusak habitatnya.

“Kita memastikan pembangunan tidak mengganggu kehidupan satwa dengan membangun terowongan khusus sehingga nantinya bisa menjadi perlintasan harimau,” ungkap Dodi, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: Warga Bohorok Desak Pembentukan Satgas Konflik Satwa

Ia juga meyakinkan bahwa pihaknya akan terus menerus memantau pembangunan hingga akhir. Pemerintah berkomitmen untuk melakukan pembangunan tanpa mengorbankan kawasan hutan yang merupakan habitat beragam flora dan fauna. Ia juga telah sepakat dan mengaji agar pembangunan ini tidak membahayakan apalagi sampai merusak hutan lindung di Sumatera Selatan.

“Kami telah meminta kajian kepada Hutama Karya agar jalan tol tidak menganggu satwa dan merusak hutan lindung agar tidak merusak habitat satwa liar,” katanya.

Jalan tol Sumatera yang panjangnya kurang lebih 191 kilometer ini rencananya akan memiliki exit tol di tiga titik yakni Kecamatan Sungai Lilin, Tungkal Jaya, dan Kecamatan Bayung Lencir.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
8 months ago

[…] Baca juga: Lewati Habitat Satwa Liar, Tol Sumatera Akan Memiliki Terowongan Harimau […]