Berita  

Setelah Dipelihara 3 Minggu, Warga Serahkan Anak Orangutan ke BKSDA Kalbar

Setelah Dipelihara 3 Minggu, Warga Serahkan Anak Orangutan ke BKSDA Kalbar
Anak orangutan di desa rawak hilir. Foto: Tribun Sintang

Gardaanimalia.com – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Seksi Konservasi Wilayah 2 Sintang mengevakuasi seekor anak orangutan (Pongo). Mengutip dari laman TribunSintang, Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA dan petugas dari Sintang Orangutan Center (SOC) mengambil satwa itu di Desa Rawak Hilir, Kabupaten Sekadau pada Kamis (21/1/2021).

“Saat masyarakat ke hutan, (ia) melihat anak orangutan yang ditinggalkan induknya. Kemudian, oleh masyarakat (orangutan) dibawa ke rumah. Karena mengetahui (satwa) itu dilindungi kemudian warga melapor ke polsek terdekat,” kata Kepala BKSDA SKW 2 Sintang, Bharata Sibarani.

Baca juga: 15 Kasturi Kepala Hitam Hasil Sitaan di Kalbar Akan Dilepasliarkan

Bharata menambahkan bahwa satwa ini sudah dipelihara oleh warga selama kurang lebih tiga minggu terakhir. Kondisinya sehat dan saat ini sudah dititipkan ke SOC Sintang sebelum dilepasliarkan di habitatnya.

“Pemilik menyerahkan secara sukarela dengan tujuan segera dilepasliarkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bharata juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu menyelamatkan satwa termasuk di antaranya aparat kepolisian. Tidak lupa juga, ia berterimakasih kepada masyarakat yang mau menyerahkan anak orangutan.

“Terima kasih atas kesadaran masyarakat yang sudah mulai tinggi tentang satwa lindung,” pungkasnya.

BACA JUGA:
Muncul di Depan Rumah Dedi, Ular Piton Besar Dievakuasi
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments